PROPOSAL
PROGRAM
MAHASISWA WIRAUSAHA 2013
STIKES
INSAN CENDEKIA HUSADA BOJONEGORO
![TUT WURI HANDAYANI.png](file:///C:/Users/ACER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.png)
JUDUL:
Potion Of Aloevera Tingkatkan Semangatmu
Koordinator
Program:
Hasan Bisri, SE, MSA
Kopertis
Wilayah VII Jawa Timur
Direktorat
Jenderal Pendidikan Tinggi
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
![](file:///C:/Users/ACER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.png)
KATA PENGANTAR
Dewasa ini, Indonesia mampu menghasilkan banyak tenaga
kerja berpendidikan dan berkeahlian. Hal
ini semakin dimungkinkan dengan semakin banyaknya perguruan-perguruan tinggi
yang bermunculan, sehingga pendidikan tinggi semakin merata. Sayangnya, pertumbuhan lapangan kerja tidak
mampu menyamai pertumbuhan pencari kerja, yang akhirnya menimbulkan masalah
baru, yaitu pengangguran berpendidikan dan berkeahlian.
Perguruan tinggi harus mampu menjawab tantangan ini,
sehingga tidak hanya menghasilkan para pencari kerja yang berpendidikan dan
berkeahlian, namun juga mampu menghasilkan lapangan kerja itu sendiri. Sehingga pada akhirnya dapat menyerap para
tenaga kerja berpendidikan dan berkeahlian tersebut.
STIKES Insan Cendekia Husada Bojonegoro menyadari hal ini
dengan mulai merintis dan memfasilitasi kegiatan kewirausahaan yang diawali
dari mata kuliah Bisnis & Kewirausahaan, serta menyediakan dan mengeksplor
akses bagi terwujudnya program Kewirausahaan ini.
Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang digagas oleh
Kopertis dan Dikti merupakan salah satu di antaranya. Dengan program ini diharapkan muncul ide-ide
yang pada akhirnya diwujudkan dalam sebuah usaha, dimana pengelolaan dan
pendanaannya didampingi serta diawasi oleh Perguruan Tinggi itu sendiri bersama
Kopertis dengan menggandeng UMKM dan Perbankan sebagai mitra.
Akhirnya, semoga dengan PMW ini bisa menghadirkan
wirausahawan-wirausahawan muda yang mandiri, tangguh dan kreatif sehingga dapat
menumbuhkan lapangan-lapangan pekerjaan baru yang menyerap tenaga-tenaga kerja
yang terdidik dan terlatih yang dihasilkan oleh Perguruan Tinggi.
HALAMAN PENGESAHAN
1
|
Judul
Proposal
|
:
|
Potion
Of Aloevera Tingkatkan Semangatmu
|
2
|
Kordinator
Program
|
:
|
|
|
a.
Nama Lengkap
|
:
|
Hasan
Bisri, SE, MSA
|
|
b.
Jenis Kelamin
|
:
|
Laki-Laki
|
|
c.
Golongan Pangkat dan NIP/NIY
|
:
|
0715027302
|
|
d.
Jabatan Struktural
|
:
|
Puket
1
|
|
e.
Jabatan Fungsional
|
:
|
Dosen
|
|
f.
Program Studi
|
:
|
S1
Ilmu Keperawatan
|
|
g.
Alamat Kantor
|
:
|
Jl.
dr. Wahidin No 68 A Bojonegoro
|
|
Telepon/fax/e-mail
|
:
|
0353893337
|
|
h.
Alamat Rumah
|
:
|
Jl.
Kenanga No. 15 Bojonegoro
|
|
i.
Telp/Fax/Email
|
:
|
|
3
|
Jangka
Waktu
|
:
|
5
(Lima) Bulan
|
4
|
Nama
Kelompok Usaha
|
:
|
|
5
|
Nama
Dosen Pendamping/Mentor
|
:
|
Erix
Maulana, SPd
|
6
|
Kelompok
Mahasiswa
|
:
|
M.
Mursid
|
7
|
Nama
UMKM Mitra
|
:
|
UD.
Aneka Camilan
|
8
|
Biaya
Pengembangan
|
:
|
|
|
a.
Jumlah biaya yang diajukan ke Dikti/Kopertis 7
|
:
|
1.290.000
|
|
b.
Dana Perguruan Tinggi
|
:
|
120.000
|
|
c.
Dana UMKM
|
:
|
600.000
|
|
Jumlah
|
:
|
2.910.000
|
|
Bojonegoro,
10 Juni 2013
|
Pjs
Ketua Program Studi,
|
Koordinator
Program
|
S1
Ilmu Keperawatan
(Ikha
Ardianti, S.Kep, Ns)
|
Hasan
Bisri, SE, MSA
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Ketua STIKES Insan Cendekia Husada Bojonegoro
|
|
(Drs. H. Suyono, SE, S.Kep, MM, Ns)
|
SUMMARY
EXECUTIVE
Seiring
dengan bertambahnya jumlah lulusan sarjana di indonesia, kususnya di wilayah
kopertis vii.Mendorong mahasiswa untuk lebih kreatif dalam menciptakan suatu
peluang usaha di dunia wirausaha.
Dengan
di susunnya proposal wirausaha ini yang berjudul potion of aloevera memberikan inspirasi bagi mahasiswa untuk lebih
kreatif lagi dalam hal menciptakan suatu peluang usaha untuk manfaat yang
sangat luar biasa di hari esok kelak.
kata kunci :
potion of aloevera semangatkan harimu.
BAB
I
INFORMASI UMUM
1.
STIKES
INSAN CENDEKIA HUSADA
Visi
“Menjadi
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yang Unggul dan Kompetitif di Tingkat Regional
pada Tahun 2019.”
Misi
a) Menyelenggarakan
pendidikan yang mendorong mahasiswa untuk terus-menerus mengembangkan diri
melalui pembelajaran mandiri dan interaktif sebagai bekal untuk menjadi
perawat/bidan yang memiliki kompetensi keperawatan/kebidanan dan soft skill
yang handal.
b) Menyelenggarakan
pendidikan akademik yang menanamkan karakter utama, yaitu tanggung jawab,
kedisiplinan, kejujuran, sopan, memiliki sikap rela/rasa sosial, religius,
rendah hati, yang melekat pada setiap bidang keilmuan sebagai penunjang
kompetensi profesi.
c) Menyelenggarakan
penelitian dasar dan terapan untuk menunjang perkembangan ilmu kesehatan yang
bermanfaat bagi masyarakat.
d) Membantu
masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan melalui ilmu pengetahuan,
etika, norma, budaya, dan agama di bidang kesehatan.
Tujuan
a)
Mampu
menerapkan dan/atau memperkaya khasanah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
b) Mampu beradaptasi dan berinteraksi secara baik
dengan lingkungan dunia kerja.
c) Mampu mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu
pengetahuan dan teknologi bidang kesehatan yang dapat diterapkan atau digunakan
untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.
2.
PROGRAM STUDI S1 ILMU KEPERAWATAN
STIKES ICSADA
Bojonegoro yang mendapatkan ijin operasional dari Menteri Pendidikan Nasional
pada Tanggal, 20 Agustus 2009 dengan Nomor : 133/D/O/2009 dan telah
mendapatkan ijin perpanjangan Nomor 12893/D/T/K-VII/2012, dan telah
melakukan pelaporan EPSBED sesuai dengan ketaatan azas yang telah dilakukan
oleh Prodi S1 Keperawatan (terlampir),
Tempat pembelajaran di
STIKES ICSADA Bojonegoro menempati kampus dengan luas lahan 1. 200 m terdiri
dari:
a. Untuk
Bangunan lantai 1, 2 dan 3 Luas
Lahan 1.800 M2
b. Untuk
lahan terbuka 60 M2
Profil
mahasiswa regular berdasarkan tahun angkatan
1. TA
2009/2010 = 20 Mahasiswa
2. TA
2010/2011 = 54 Mahasiswa
3. TA
2011/2012 = 60 Mahasiswa
4. TA
2012/2013 = 40 Mahasiswa
Total = 174 Mahasiswa
Pelaksanaan akreditasi yang dilakukan
oleh prodi S1 Ilmu Keperawatan masih dalam proses, sehingga serifikat
akrediatasi belum bisa kami sertakan menurut Surat Edaran Ditjen Dikti Nomor 160/E/AK/2013
jika prodi sudah mengajukan Borang akreditasi maka sudah dianggap terakreditasi
C.
Salah
satu mata kuliah unggulan di prodi S1 Ilmu Keperawatan adalah kewirausahaan,
sehingga menumbuh kembangkan jiwa wira usaha mahasiswa, pengalaman wirausaha
masih dalam proses pembentukan lembaga wirausaha, salah satunya mahasiswa
mendapatakan PKM wirausaha.
3. ARAH
PROGRAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN
Arah
pengembangan kewirausahan di STIKES ICSADA kedepan adalah dengan memberikan
dukungan dan fasilitas pendirian lembaga kewirausahaan dan memberikan wahana
bagi mahasiswa dalam melaksanakan wirausaha.
Salah satu mata
kuliah utama yang diberikan akan memberikan pemikiran yang positif dalam
pengembangan wirausaha, dengan terbentuknya lembaga wirausaha kedepan akan
memberikan wacana yang positif dalam Lulusan berdaya saing, ditandai sejumlah
kemampuan yang tinggi, baik hard skill dan softskill serta
pengetahuan dibidang spiritual, emosional, maupun kreativitas.
STIKES
ICSADA menyadari bahwa dalam menghasilkan lulusan demikian dibutuhkan kurikulum
pendidikan yang mengintegrasikan aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik.
Selaras dengan pernyataan di atas, Godsell (2005) menyatakan bahwa salah satu
orientasi pendidikan adalah menjadikan mahasiswa mandiri dalam arti memiliki
mental yang kuat untuk melakukan usaha sendiri, tidak lebih sebagai pencari
kerja (job seeker) akan tetapi sebagai pencipta lapangan pekerjaan (job
creator)
4.
ORGANISASI PENGEMBANGAN
KEWIRAUSAHAAN
Organisasi pengembangan Wirausaha
yang dilakukan di STIKES ICSADA adalah lembaga semi otonom di bawah ketua yang
akan melaksanakan kegiatan wirausaha dibawah koordinator program. Dosen
pendamping dan anggota kelompok wira usaha mahasiswa
![]() |
5.
SUMBER DAYA PENDUKUNG
Sarana dan prasarana dalam
pelaksanaan kegiatan wirausaha ini adalah cukup mendukung dalam mewujudakan
pengambangan SDM karena didukung oleh
mahasiswa dan dosen yang mampu memberikan cakrawala berfikir wirausaha, peluang
untuk mengembangkan konsep usaha yang dapat menghasilkan keuntungan sangat
memotivasi wirausaha.
UMKM yang bekerja sama dengan UD Aneka Camilan yang memberikan pengalaman
yang baik guna memberikan pembelajaran mahasiswa dalam bidang pemasaran dan
pengembangan produk sehingga, kedepan diharapakan setelah magang mahasiswa
dengan bekal tersebut dapat memaksimalkan motivasi wirausahnya.
BAB II
RANCANGAN
1. LATAR BELAKANG
Kami adalah sebuah team
yang mencoba berwirausaha yang bergerak dalam bidang marketing. Produk yang
kita pasarkan adalah potion of aloevera.
Cakupan planning pemasaran kami ini baru sebatas Prodi yang berada di STIKES
ICSADA diantaranya S1 Keperawatan dan D3 Kebidanan.Harapan kami dengan
dibukanya usaha ini bisa berkembang dan bisa diterima oleh mahasiswa kampus .
Kami menawarkan minuman
ekstrak aloevera biasa kita sebut dengan lidah buaya,dimana tanaman lidah buaya
ini kaya akan manfaat bagi manusia sudah dari ribuan tahun yang lalu. Dengan melimpahnya
tanaman lidah buaya yang tidak bernilai ekonomis yang biasa hanya hanya menjadi
tanaman penghias saja,sekarang bisa berniai ekonomis.Dengan di bukanya outlet
potion of aloevera ini,bisa menjadi lapangan kerja baru bagi warga yang memang
akan kami ajak untuk membudayakan menanam tanaman lidah buaya tersebut.
Oulet ini memiliki
beberapa keunggulan diantaranya: belum ada saingan untuk specimen minuman di
kelas ini (outlet minuman cepat saji aloevera) selain itu kami memberikan
alternative baru dalam penyajian minuman sehat dengan tempilan yang lebih
fresh, lebih memasyrakat, lebih disukai anak muda, dan menarik. Untuk target
pemasaran kami menargetkan mahasiswa beserta civitas STIKES lainnya. Kami
berencana mendirikan Outlet ini di kantin STIKES berdasarkan hasil analisa
pemasaran yang telah kami lakukan.
Kami mempunyai pelayanan
yang memang beda dengan yang lain,yang tidak biasa di lakukan oleh para penjual
pada umumnya. Setiap pembelian per cup,pelanggan akan di manjakn oleh pelayanan
kesehatan gratis,di mana kami akan melayani chek tekanan darah,timbang berat
badan,cek gula darah,kolesterol dll. Untuk cek gula darah dan koleterol kami
kenakan tarif normal pada umunya,dan untuk tensi dan BB gratis. Pelayanan ini
rencananya akan kami buka di masyarakat umum seiring dengan membuka outlet
minuman lidah buaya yang kaya akan kasiat itu sendiri.
2. PROGAM YANG DI USULKAN
POTION OF ALOEVERA
3. MEKANISME DAN RANCANGAN AKTIFITAS
(BUSSINES PLAN)
A.JUDUL
RENCANA BISNIS
POTION OF ALOEVERAtingkatkan
semangatmu.
B.GAMBARAN
UMUM RENCANA USAHA
Kami menawarkan minuman ekstrak aloe vera yang biasa kita sebut dengan lidah buaya.
Tanaman lidah buaya banyak kita temukan di pekarangan rumah, yang awalnya hanya
mejadi tanaman hias dan tidak mempunyai nilai ekonomi bagi masyarakat. Dalam
hal ini kita akan memanfaatkan tanaman lidah buaya yang kaya akan manfaat bagi
manusia dan telah di rasakna manfaatkan oleh manusia dari ribuan tahun yang
lalu sehingga harapan kedepan bisa berniai ekonomis.Dengan di bukanya outlet Potion of Aloeveraini,bisa menjadi
lapangan kerja baru bagi warga yang memang akan kami ajak untuk membudayakan
menanam tanaman lidah buaya tersebut.
Untuk profit dari usaha minuman Potion of Aloevera ini yaitu tidak
adanya saingan minuman untuk spesimen produk yang terbuat dari ekstrak lidah
buaya di kampus icsada pada khususnya dan di kawasan bojonegoro pada umumnya.
Oleh karena itu, kami sangat yakin bahwa
produk yang kami buat akan laku keras di kalangan mahasiswa dan di
masyarakatBojonegoro. Hal ini
dikarenakan wilayah Bojonegoro hanya memasarkan minuman dengan spesimen yang
menurut kami sudah umum di pasaran dan setiap orang sudah mejual minuman yang
sama seperti es teh,oyen,rumput laut dll.
Keberlangsungan usaha ini kami yakini akan
berkembang luas terutama di lingkungan STIKES ICSADA Bojonegoro dan untuk
kedepannya meluas ke pasar masyarakat umum. Pelayanan pada pelanggan akan kami
berikan sesuai kebutuhan yaituquick
services coustemeryang menjadi point utama dalam pelayanan produk kepada
pelanggan, dan tidak lupa quality product
yang berkaitan dengan kualitas dari produk itu sendiri yaitu
segar,menyehatkan,higines, dan terjamin kualitas untuk keamanan saat di
konsumsi dari berbagai lapisan konsumen.
Minuman
“potion of aloevera” adalah produk
miuman ekstrak lidah buaya yang di kemas sangat menarik, higines dan lebih
fresh dalam cup serta cocok untuk minuman penyegar sekaligus bermanfaat bagi
tubuh.Minuman ini rasanya manis dengan gula 100% murni tanpa campuran
pemanis.Selain itu kita menawarkan berbagai varian rasa yaitu coklat, vanila,
stroberry, melon dll. Selain minuman ini di konsumsi dalam keadaan dingin,bisa
juga di konsumsi dala keadaan hangat, sesuai selera konsumen.
Proses produksi dari minuman aloevera
ini melalui beberapa tahap yakni yang pertama :
-kupas kulit lidah buaya
-bersihkan kulit hingga bersih
-di potong kotak-kotak
-bersihkan hingga lendir hilang dengan
air
-rebus potongan aloevera selama 15 menit
-setelah
itu masukkan potongan lidah buaya yangb sudah di rebus ke dalam wadah .
-masukkan
potongan aloevera yang di campur dengan gula cair,es batu yang di campur dengan
air (untuk rasa kita bisa sesuaikan dengan keinginan/selera pelanggan).
-blender
kurang lebih 3 menit hingga halus,dan tuangkan ke dalam wadah cup.dan siap di
sajikan ke pelanggan.
D.LOKASI
DAN JADWAL KEGIATAN
No.KEGIATAN
|
BULAN 1
|
BULAN 2
|
BULAN 3
|
BULAN 4
|
BULAN 5
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A
|
Menyiapkan kerangka acuan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B
|
Mobilisasi tim
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C
|
Menyiapkan surat izin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D
|
Menyiapkan bahan habis pakai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A
|
Pengolahan bahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B
|
Pengemasan hasil olahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C
|
Pemasaran produk
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pelaporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A
|
Evaluasi pemasran dan mutu produk
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B
|
Monitoring dan evaluasi dari supervisior
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C
|
Laporan akhir pelaoporan PMW
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rencana lokasi tempat
produksi kami akan kami tempatkan di salah satu rumah kelompok, karena dalam
proses pembuatan dari miuman ini membutuhkan waktu yang tida sedikit dar
pengupasan sampai perbusan hingga produk ini di bawa di kampus/tempat kami
mebuka outlet untuk di proses lebih lanjut hingga menjadi minuman siap saji.
Untuk pemilihan lokasinya kami mempertimbangkan jarak antara rumah produksi dan
kampus dengan jarak tempuh sepeda motor selama 15 menit.
Rencana
lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai
berikut :
1. Lokasi
pusat keramaian yang sering di akses mahasiswa,
2. Lokasi
berada STIKES ICSADA
karena kami ingin menembak target pasar yaitu civitas STIKES yang
sebagian telah mengenal minuman lidah buaya ,
3. Lokasi
barada pada fakultas di STIKES ICSADA yang rata-rata daya
konsumtifnya menengah keatas serta mahasiswanya mempunyai kesadaran lebih akan
kesehatan.
Lokasi
yang diprioritaskan untuk merealisasikan rencana kami adalah di Kantin STIKES ICSADA,BOJONEGORO.
Hal tersebut sesuai dengan pertimbangan kami, yaitu :
1. Berdasarkan
analisa pasar serta pengalaman kami dalam mendistribusi aloevera
ke kantin
STIKES ICSADA,
2. Mahasiswa
di STIKES ICSADA
rata-rata mempunyai daya beli menengah keatas dan pola hidup mahasiswanya
relatif lebih royal untuk kesehatan dan lebih sadar.
3. Pusat
keramaian yang mudah dan sering diakses mahasiswa di di kantin STIKES ICSADA.
Sesuai dengan pembahasan
yang sudah kami singgung di depan,bahwasannya kami akan membuka cabang outlet
‘’potion of aoevera’’ di tempat pusat keramaian dan tempat yang kami rasa
sangat strategis di antaranya di alun –alun bojonegoro, di depan sekolah
menengah atas di lingkup KabupatenBojonegoro.Jika produk minuman ini sudah
menjadi populer di kalangan masyarakat,kami akan megangkat produk miuman ini ke
tempat pemasaran yang lebih berkelas yakni kami akan bekerja sama dengan tempat
makan cepat saji dengan cara menawarkan produk minuman ini supaya bisa di jual
di tempat tersebut sesai degan kesepakatan yang sudah di sepakati.
E.PELAKSANAAN
Struktur
Orgnisasi
Ketua
TIM : Muhammad Mursid
NIM :
1014033 Prodi.keperawatan
Anggota
1 :
Wahyu hidayat
NIM
:1014060 Prodi
keperawatan
Anggota
2 :
Rahmanto hariyadi Nugroho
NIM :1014045 Prodi keperawatan
Dari ketua dan anggota,setiap lapisan mempunyai tugas
masing-masing. Ketua tim bertugas sebagai pemimpin dari anggotanya dan sebagai
kontroling atas semua kegiatan yang sedng berlangsung atau yang sedanag di
rencanakan,untuk anggota 1 bertugas sebagai petugas penanggung jawab dalam
mempersiapkan segala sesuatau yang di
butuhkan dalam outlet ‘’potion of aloevera’’ di kampus,dan untuk anggota
2 mempunyai tugas untuk memberikan tester miuman yang di berikan kepada
mahasiswa,dan mencari tau rasa yang memang di sukai atau di minati para remaja
di kampus.setelah semua persiapan di rasa selesai,dari kedua anggota tersebut
meulai un tuk membuka outlet di STIKES ICSADA dan siap untuk melayani pembelian
dari teman-teman mahasiswa.
Mitra yang akan di libatkan
yaitu UKM ANEKA CAMILAN Jl.Diponegoro
Kabupaten Bojonegoro.
F.KEUNGGULAN
a. Produk
minuman ini “potion of aloevera”
belum ada sainganya di daerah Bojonoegoro dan kususnya di lingkugan kampus STIKES
ICASADA sendiri.
b. Minuman
ini sudah jelas manfaatnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
c. Penyajian
cepat tanpa mengkhawartikan atau meragukan kualitas dari produk ini menjadikan
point lebih dalam pelayanan kami kepada konsumen.
d. Dari
segi varian rasa kami memberika pilihan rasa yang sangat menarik.
e. Kami
juga menawarkan servis yang memang beda dan memang satu-satunya yag pernah ada
yaitu pelayanan kesehatan secara gratis tanpa di pngut biaya setiap pembelian 3
cup.
G.RANCANGAN
BIAYA
*biaya bahan habis pakai/hari
No.
|
Kebutuhan
|
Jumlah
|
Harga
|
1.
|
Lidah
buaya
|
10kg
|
Rp.
50.000,00
|
2.
|
Gula
pasir
|
4kg
|
Rp.
40.000,00
|
3.
|
Perisa
rasa berbagai rasa
|
5
|
Rp.
35.000,00
|
4.
|
Susu
kental cokelat dan vanila
|
2kaleng
|
Rp. 15.000,00
|
5.
|
Esbatu
|
|
Rp. 10.000,00
|
6
|
Gelas
plastick
|
100
buah
|
Rp
50.000,00
|
7
|
Sedotan
|
Isi
100
|
Rp.
15.000,00
|
|
Total
|
Jumlah
|
Rp.
215.000,00
|
*biaya
peralatan
No.
|
Kebutuhan
|
Jumlah
|
Harga
|
1.
|
Blender
|
1
unit
|
Rp.
350.000,00
|
2.
|
Ice
box
|
1
unit
|
Rp.
150.000,00
|
|
Total
|
Jumlah
|
Rp.
500.000,00
|
*biaya
promosi
No.
|
Kebutuhan
|
Jumlah
|
Harga
|
1.
|
Banner
|
5
buah
|
Rp.375
.000,00
|
2.
|
Pamflet
|
100
buah @2000
|
Rp.
200.000,00
|
|
Total
|
Jumlah
|
Rp.
575.000,00
|
*Biaya
total
No.
|
Jenis
biaya
|
Jumlah
estimasi
|
1.
|
Biaya
habis pakai
|
Rp. 215.000,00
|
2.
|
Biaya
peralatan
|
Rp. 500.000,00
|
3.
|
Biaya
promosi
|
Rp
. 575.000,00
|
|
Total
|
Rp.1.290.000,00
|
H.RENCANA
PEMASARAN
Rencana
pemasaran dari produk minuman kami yang bernama “potion of aloevera” akan kami
pasarkan di area kampus STIKES ICSADA BOJONEGORO tepatnya di lantai dua
kampus,sehingga mahasiswa dari lantai 3 dan 1 bisa membeli minuman dengan mudah
tanpa keluar dari area kampus. Untuk planning selajutnya setelah produk kami
berhasil laku di area kampus kami akan membuka outlet minuman ini di area
keramaian masyarakat bojonegoro seperti alunalun kota dan pinggiran sekolah menengah
atas.
Terkait dengan
keterserapan produk minuman yang kami jual kepada konsumen,kami yakin dan pasti
bahwa konsume terutama mahasiswa dan mahasiswi akan menyambut positif dengan di
bukaya outlet minuman yang berbahan dasar lidah buaya ini.untuk jumlahnya kami
targetkan 100 cup/hari dalam sekali produksi.
Resiko selalu
menjadi tantangan agar kita bisa memberanikan diri dalam segala hal
apapun,begitu pula dengan resiko dari menjual produk minuman aloevera ini,yakni
menjamurnya minuman bermerek di kawasan kampus dengan berbaga macam merek dan
jenis. Untuk hal persaingan kami bisa bilang jika persaingan dalam hal
berdagang pstilah ada,tapi kami menjual produk yang beda dan memang tidak ada
yang menjual minuman spesimen seperti ini di area kampus.daya tahan produk
minuman aloevera ini sangatlah sebentar,hanya 1 hari setelah proses
pemasakan,jadi kami menerapkan bahan selalu fresh dan pasti aman karena tanpa
bahan pengawet.
Sasaran
pemasaran dari produk kami yankni para mahasiswa dan mahasiswi di STIKES ICSADA BOJONEGOROdan untuk
planningnya kami akan pasrkan ke masyarakat.Untuk strateg pemasarannya produk
ini sangat cocok di minum di saat santai bersama teman,sambil ngerjakan
tugas,dan sebagai pereda panas dalam.Harga yang kami tawarkan percupnya
Rp.3000,00. Agar produk kami ini bisa cepat langsung di respon para onsumen,
kami melakukan promosi secara langsung di setiap kelas dan mading,kami akan
menempelkan poster,banner,atau lewat FB,twitter dan berbagai media on line
lainnya.
Proyeksi
rugi/laba dalam satu kali produksi
Pendapatan
|
Total
(Rp.)
|
|
1.
|
Total
penjualan
|
300.000,00
|
|
Total
pendapatan
|
300.000,00
|
Biaya
produksi
|
Total
|
|
1.
|
Biaya
variabel
|
|
|
Biaya
habis pakai
|
215.000,00
|
Laba
|
85.000,00
|
Proyeksi
break even point (BEP)
Uraian
|
Total
(Rp.)
|
|
Penjualan
|
||
1.
|
100
cup @Rp.3000,00
|
24.000.000,00
|
Total
penjualan
|
24.000.000,00
|
|
Biaya
variabel
|
||
1.
|
Biaya
habis pakai
|
215.000,00
|
|
Biaya
peralatan
|
500.000,00
|
|
Biaya
promosi
|
575.000,00
|
|
BEP
|
5.058.000,00
|
4. JADWAL PELAKSANAAN
1
|
PELAKSANAAN
|
|||||||||||||||||||||
|
A
|
Mengumpulkan bahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B
|
Melalukan proses produksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C
|
Pengujian tester pada mahasiswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D
|
Persiapan tempat lokasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
F
|
Produksi dalam jumlah banyak/massal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
G
|
Promosi produk
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
H
|
Penjualan produk
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. 5.INDIKATOR KEBERHASILAN
-Mampu menjual
minuman produk potion of aloevera
dalam 5 bulan sebanyak 8000 cup dengan lama penjualan dalam 1 minggu 4 hari
yakni hari senin, selas, rabu, kamis.
6. SUMBER DAYA YANG DI BUTUHKAN
-Dalam kegiatan
penjualan produk minuman ini yakni yang bernama potion of aloevera kami menggunakan bahan yang memang di
budidayakan oleh masyarakat sekitar,sehingga tanaman aloevera bisa bernilai
ekonomis.
7. KEBERLANJUTAN
-
Untuk keberlanjutan usaha outlet potion of aloevera, kami akan membuka
outlet di tempat keramaian masyarakat setelah outlet di kampus berhasil. Selain
itu kami akan mendistribusikan ke Pusat Perbelanjaan yang ada dilingkup
Kabupaten Bojonegoro ataupun diluar Kabupaten Bojonegoro.
8. PENANGGUNG JAWAB KEGIATAN
Penanggung jawab
kegiatan ini adalah KETUA STIKES ICSADA BOJONEGORO.