PROPOSAL
PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA 2013
STIKES INSAN CENDEKIA HUSADA BOJONEGORO

TUT WURI HANDAYANI.png

JUDUL:
Potion Of Aloevera Tingkatkan Semangatmu

Koordinator Program:
Hasan Bisri, SE, MSA

Kopertis Wilayah VII Jawa Timur
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2013
KATA PENGANTAR

Dewasa ini, Indonesia mampu menghasilkan banyak tenaga kerja berpendidikan dan berkeahlian.  Hal ini semakin dimungkinkan dengan semakin banyaknya perguruan-perguruan tinggi yang bermunculan, sehingga pendidikan tinggi semakin merata.  Sayangnya, pertumbuhan lapangan kerja tidak mampu menyamai pertumbuhan pencari kerja, yang akhirnya menimbulkan masalah baru, yaitu pengangguran berpendidikan dan berkeahlian.
Perguruan tinggi harus mampu menjawab tantangan ini, sehingga tidak hanya menghasilkan para pencari kerja yang berpendidikan dan berkeahlian, namun juga mampu menghasilkan lapangan kerja itu sendiri.  Sehingga pada akhirnya dapat menyerap para tenaga kerja berpendidikan dan berkeahlian tersebut.
STIKES Insan Cendekia Husada Bojonegoro menyadari hal ini dengan mulai merintis dan memfasilitasi kegiatan kewirausahaan yang diawali dari mata kuliah Bisnis & Kewirausahaan, serta menyediakan dan mengeksplor akses bagi terwujudnya program Kewirausahaan ini.
Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang digagas oleh Kopertis dan Dikti merupakan salah satu di antaranya.  Dengan program ini diharapkan muncul ide-ide yang pada akhirnya diwujudkan dalam sebuah usaha, dimana pengelolaan dan pendanaannya didampingi serta diawasi oleh Perguruan Tinggi itu sendiri bersama Kopertis dengan menggandeng UMKM dan Perbankan sebagai mitra.
Akhirnya, semoga dengan PMW ini bisa menghadirkan wirausahawan-wirausahawan muda yang mandiri, tangguh dan kreatif sehingga dapat menumbuhkan lapangan-lapangan pekerjaan baru yang menyerap tenaga-tenaga kerja yang terdidik dan terlatih yang dihasilkan oleh Perguruan Tinggi.



HALAMAN PENGESAHAN
1
Judul Proposal
:
Potion Of Aloevera Tingkatkan Semangatmu
2
Kordinator Program
:


a. Nama Lengkap
:
Hasan Bisri, SE, MSA

b. Jenis Kelamin
:
Laki-Laki

c. Golongan Pangkat dan NIP/NIY
:
0715027302

d. Jabatan Struktural
:
Puket 1

e. Jabatan Fungsional
:
Dosen

f. Program Studi
:
S1 Ilmu Keperawatan

g. Alamat Kantor
:
Jl. dr. Wahidin No 68 A Bojonegoro

   Telepon/fax/e-mail
:
0353893337 

h. Alamat Rumah
:
Jl. Kenanga No. 15 Bojonegoro

i. Telp/Fax/Email
:
081553475550 bisri15@gmail.com
3
Jangka Waktu
:
5 (Lima) Bulan
4
Nama Kelompok Usaha
:

5
Nama Dosen Pendamping/Mentor
:
Erix Maulana, SPd
6
Kelompok Mahasiswa
:
M. Mursid
7
Nama UMKM Mitra
:
UD. Aneka Camilan
8
Biaya Pengembangan
:


a. Jumlah biaya yang diajukan ke Dikti/Kopertis 7
:
1.290.000

b. Dana Perguruan Tinggi
:
   120.000

c. Dana UMKM
:
   600.000

Jumlah
:
2.910.000


Bojonegoro, 10 Juni 2013
Pjs Ketua Program Studi,
Koordinator Program
S1 Ilmu Keperawatan



(Ikha Ardianti, S.Kep, Ns)




Hasan Bisri, SE, MSA


Mengetahui,
Ketua STIKES Insan Cendekia Husada Bojonegoro




(Drs. H. Suyono, SE, S.Kep, MM, Ns)


SUMMARY EXECUTIVE

Seiring dengan bertambahnya jumlah lulusan sarjana di indonesia, kususnya di wilayah kopertis vii.Mendorong mahasiswa untuk lebih kreatif dalam menciptakan suatu peluang usaha di dunia wirausaha.
Dengan di susunnya proposal wirausaha ini yang berjudul potion of aloevera memberikan inspirasi bagi mahasiswa untuk lebih kreatif lagi dalam hal menciptakan suatu peluang usaha untuk manfaat yang sangat luar biasa di hari esok kelak.





kata kunci        : potion of aloevera semangatkan harimu.










BAB I
INFORMASI UMUM

1.      STIKES INSAN CENDEKIA HUSADA
Visi
“Menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yang Unggul dan Kompetitif di Tingkat Regional pada Tahun 2019.”

Misi
a)      Menyelenggarakan pendidikan yang mendorong mahasiswa untuk terus-menerus mengembangkan diri melalui pembelajaran mandiri dan interaktif sebagai bekal untuk menjadi perawat/bidan yang memiliki kompetensi keperawatan/kebidanan dan soft skill yang handal.
b)      Menyelenggarakan pendidikan akademik yang menanamkan karakter utama, yaitu tanggung jawab, kedisiplinan, kejujuran, sopan, memiliki sikap rela/rasa sosial, religius, rendah hati, yang melekat pada setiap bidang keilmuan sebagai penunjang kompetensi profesi.
c)      Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan untuk menunjang perkembangan ilmu kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat.
d)     Membantu masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan melalui ilmu pengetahuan, etika, norma, budaya, dan agama di bidang kesehatan.
Tujuan
a)      Mampu  menerapkan dan/atau memperkaya khasanah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
b)      Mampu  beradaptasi dan berinteraksi secara baik dengan lingkungan dunia kerja.
c)      Mampu  mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kesehatan yang dapat diterapkan atau digunakan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.
                                        
2.   PROGRAM STUDI S1 ILMU KEPERAWATAN
STIKES ICSADA Bojonegoro yang mendapatkan ijin operasional dari Menteri Pendidikan Nasional pada Tanggal, 20 Agustus 2009 dengan Nomor : 133/D/O/2009 dan  telah  mendapatkan ijin perpanjangan Nomor 12893/D/T/K-VII/2012, dan telah melakukan pelaporan EPSBED sesuai dengan ketaatan azas yang telah dilakukan oleh Prodi S1 Keperawatan (terlampir),
Tempat pembelajaran di STIKES ICSADA Bojonegoro menempati kampus dengan luas lahan 1. 200 m terdiri dari:
a.    Untuk Bangunan  lantai 1, 2 dan 3 Luas Lahan  1.800 M2
b.   Untuk lahan terbuka 60 M2
Profil mahasiswa regular berdasarkan tahun angkatan
1.   TA 2009/2010 =   20 Mahasiswa
2.   TA 2010/2011 =   54 Mahasiswa
3.   TA 2011/2012 =   60 Mahasiswa
4.   TA 2012/2013 =   40 Mahasiswa
Total      = 174 Mahasiswa
         Pelaksanaan akreditasi yang dilakukan oleh prodi S1 Ilmu Keperawatan masih dalam proses, sehingga serifikat akrediatasi belum bisa kami sertakan menurut Surat Edaran Ditjen Dikti Nomor 160/E/AK/2013 jika prodi sudah mengajukan Borang akreditasi maka sudah dianggap terakreditasi C.
Salah satu mata kuliah unggulan di prodi S1 Ilmu Keperawatan adalah kewirausahaan, sehingga menumbuh kembangkan jiwa wira usaha mahasiswa, pengalaman wirausaha masih dalam proses pembentukan lembaga wirausaha, salah satunya mahasiswa mendapatakan PKM wirausaha.


3.   ARAH PROGRAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN
Arah pengembangan kewirausahan di STIKES ICSADA kedepan adalah dengan memberikan dukungan dan fasilitas pendirian lembaga kewirausahaan dan memberikan wahana bagi mahasiswa dalam melaksanakan wirausaha.
Salah satu mata kuliah utama yang diberikan akan memberikan pemikiran yang positif dalam pengembangan wirausaha, dengan terbentuknya lembaga wirausaha kedepan akan memberikan wacana yang positif dalam Lulusan berdaya saing, ditandai sejumlah kemampuan yang tinggi, baik hard skill dan softskill serta pengetahuan dibidang spiritual, emosional, maupun kreativitas.
STIKES ICSADA menyadari bahwa dalam menghasilkan lulusan demikian dibutuhkan kurikulum pendidikan yang mengintegrasikan aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Selaras dengan pernyataan di atas, Godsell (2005) menyatakan bahwa salah satu orientasi pendidikan adalah menjadikan mahasiswa mandiri dalam arti memiliki mental yang kuat untuk melakukan usaha sendiri, tidak lebih sebagai pencari kerja (job seeker) akan tetapi sebagai pencipta lapangan pekerjaan (job creator)

4.   ORGANISASI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN
Organisasi pengembangan Wirausaha yang dilakukan di STIKES ICSADA adalah lembaga semi otonom di bawah ketua yang akan melaksanakan kegiatan wirausaha dibawah koordinator program. Dosen pendamping dan anggota kelompok wira usaha mahasiswa
 









5.   SUMBER DAYA PENDUKUNG 
Sarana  dan prasarana dalam pelaksanaan kegiatan wirausaha ini adalah cukup mendukung dalam mewujudakan pengambangan  SDM karena didukung oleh mahasiswa dan dosen yang mampu memberikan cakrawala berfikir wirausaha, peluang untuk mengembangkan konsep usaha yang dapat menghasilkan keuntungan sangat memotivasi wirausaha.
UMKM yang bekerja sama dengan UD Aneka Camilan yang memberikan pengalaman yang baik guna memberikan pembelajaran mahasiswa dalam bidang pemasaran dan pengembangan produk sehingga, kedepan diharapakan setelah magang mahasiswa dengan bekal tersebut dapat memaksimalkan motivasi wirausahnya.



















BAB II
RANCANGAN

1.      LATAR BELAKANG
Kami adalah sebuah team yang mencoba berwirausaha yang bergerak dalam bidang marketing. Produk yang kita pasarkan adalah potion of aloevera. Cakupan planning pemasaran kami ini baru sebatas Prodi yang berada di STIKES ICSADA diantaranya S1 Keperawatan dan D3 Kebidanan.Harapan kami dengan dibukanya usaha ini bisa berkembang dan bisa diterima oleh mahasiswa kampus .
Kami menawarkan minuman ekstrak aloevera biasa kita sebut dengan lidah buaya,dimana tanaman lidah buaya ini kaya akan manfaat bagi manusia sudah dari ribuan tahun yang lalu. Dengan melimpahnya tanaman lidah buaya yang tidak bernilai ekonomis yang biasa hanya hanya menjadi tanaman penghias saja,sekarang bisa berniai ekonomis.Dengan di bukanya outlet potion of aloevera ini,bisa menjadi lapangan kerja baru bagi warga yang memang akan kami ajak untuk membudayakan menanam tanaman lidah buaya tersebut.
Oulet ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya: belum ada saingan untuk specimen minuman di kelas ini (outlet minuman cepat saji aloevera) selain itu kami memberikan alternative baru dalam penyajian minuman sehat dengan tempilan yang lebih fresh, lebih memasyrakat, lebih disukai anak muda, dan menarik. Untuk target pemasaran kami menargetkan mahasiswa beserta civitas STIKES lainnya. Kami berencana mendirikan Outlet ini di kantin STIKES berdasarkan hasil analisa pemasaran yang telah kami lakukan.
Kami mempunyai pelayanan yang memang beda dengan yang lain,yang tidak biasa di lakukan oleh para penjual pada umumnya. Setiap pembelian per cup,pelanggan akan di manjakn oleh pelayanan kesehatan gratis,di mana kami akan melayani chek tekanan darah,timbang berat badan,cek gula darah,kolesterol dll. Untuk cek gula darah dan koleterol kami kenakan tarif normal pada umunya,dan untuk tensi dan BB gratis. Pelayanan ini rencananya akan kami buka di masyarakat umum seiring dengan membuka outlet minuman lidah buaya yang kaya akan kasiat itu sendiri.

2.      PROGAM YANG DI USULKAN
POTION OF ALOEVERA

3.      MEKANISME DAN RANCANGAN AKTIFITAS (BUSSINES PLAN)
A.JUDUL RENCANA BISNIS
POTION OF ALOEVERAtingkatkan semangatmu.
B.GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
Kami menawarkan minuman ekstrak aloe vera  yang biasa kita sebut dengan lidah buaya. Tanaman lidah buaya banyak kita temukan di pekarangan rumah, yang awalnya hanya mejadi tanaman hias dan tidak mempunyai nilai ekonomi bagi masyarakat. Dalam hal ini kita akan memanfaatkan tanaman lidah buaya yang kaya akan manfaat bagi manusia dan telah di rasakna manfaatkan oleh manusia dari ribuan tahun yang lalu sehingga harapan kedepan bisa berniai ekonomis.Dengan di bukanya outlet Potion of Aloeveraini,bisa menjadi lapangan kerja baru bagi warga yang memang akan kami ajak untuk membudayakan menanam tanaman lidah buaya tersebut.
Untuk profit dari usaha minuman Potion of Aloevera ini yaitu tidak adanya saingan minuman untuk spesimen produk yang terbuat dari ekstrak lidah buaya di kampus icsada pada khususnya dan di kawasan bojonegoro pada umumnya. Oleh karena itu,  kami sangat yakin bahwa produk yang kami buat akan laku keras di kalangan mahasiswa dan di masyarakatBojonegoro.  Hal ini dikarenakan wilayah Bojonegoro hanya memasarkan minuman dengan spesimen yang menurut kami sudah umum di pasaran dan setiap orang sudah mejual minuman yang sama seperti es teh,oyen,rumput laut dll.
Keberlangsungan usaha ini kami yakini akan berkembang luas terutama di lingkungan STIKES ICSADA Bojonegoro dan untuk kedepannya meluas ke pasar masyarakat umum. Pelayanan pada pelanggan akan kami berikan sesuai kebutuhan yaituquick services coustemeryang menjadi point utama dalam pelayanan produk kepada pelanggan, dan tidak lupa quality product yang berkaitan dengan kualitas dari produk itu sendiri yaitu segar,menyehatkan,higines, dan terjamin kualitas untuk keamanan saat di konsumsi dari berbagai lapisan konsumen.

C.GAMBARAN PRODUK YANG DI HASILKAN
Minuman “potion of aloevera” adalah produk miuman ekstrak lidah buaya yang di kemas sangat menarik, higines dan lebih fresh dalam cup serta cocok untuk minuman penyegar sekaligus bermanfaat bagi tubuh.Minuman ini rasanya manis dengan gula 100% murni tanpa campuran pemanis.Selain itu kita menawarkan berbagai varian rasa yaitu coklat, vanila, stroberry, melon dll. Selain minuman ini di konsumsi dalam keadaan dingin,bisa juga di konsumsi dala keadaan hangat, sesuai selera konsumen.
Proses produksi dari minuman aloevera ini melalui beberapa tahap yakni yang pertama :
-kupas kulit lidah buaya
-bersihkan kulit hingga bersih
-di potong kotak-kotak
-bersihkan hingga lendir hilang dengan air
-rebus potongan aloevera selama 15 menit
-setelah itu masukkan potongan lidah buaya yangb sudah di rebus ke dalam wadah .
-masukkan potongan aloevera yang di campur dengan gula cair,es batu yang di campur dengan air (untuk rasa kita bisa sesuaikan dengan keinginan/selera pelanggan).
-blender kurang lebih 3 menit hingga halus,dan tuangkan ke dalam wadah cup.dan siap di sajikan ke pelanggan.

D.LOKASI DAN JADWAL KEGIATAN

No.KEGIATAN
BULAN 1
BULAN 2
BULAN 3
BULAN 4
BULAN 5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Persiapan





















A
Menyiapkan kerangka acuan





















B
Mobilisasi tim





















C
Menyiapkan surat izin





















D
Menyiapkan bahan habis pakai




















2
Pelaksanaan





















A
Pengolahan bahan





















B
Pengemasan hasil olahan





















C
Pemasaran produk




















3
Pelaporan





















A
Evaluasi pemasran dan mutu produk





















B
Monitoring dan evaluasi dari supervisior





















C
Laporan akhir pelaoporan PMW
























Rencana lokasi tempat produksi kami akan kami tempatkan di salah satu rumah kelompok, karena dalam proses pembuatan dari miuman ini membutuhkan waktu yang tida sedikit dar pengupasan sampai perbusan hingga produk ini di bawa di kampus/tempat kami mebuka outlet untuk di proses lebih lanjut hingga menjadi minuman siap saji. Untuk pemilihan lokasinya kami mempertimbangkan jarak antara rumah produksi dan kampus dengan jarak tempuh sepeda motor selama 15 menit. 
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
1.      Lokasi pusat keramaian yang sering di akses mahasiswa, 
2.      Lokasi berada STIKES ICSADA karena kami ingin menembak target pasar yaitu civitas STIKES yang sebagian telah mengenal minuman lidah buaya ,
3.      Lokasi barada pada fakultas di STIKES ICSADA yang rata-rata daya konsumtifnya menengah keatas serta mahasiswanya mempunyai kesadaran lebih akan kesehatan.
Lokasi yang diprioritaskan untuk merealisasikan rencana kami adalah di Kantin STIKES ICSADA,BOJONEGORO. Hal tersebut sesuai dengan pertimbangan kami, yaitu :
1.      Berdasarkan analisa pasar serta pengalaman kami dalam mendistribusi aloevera ke kantin STIKES ICSADA,
2.      Mahasiswa di STIKES ICSADA rata-rata mempunyai daya beli menengah keatas dan pola hidup mahasiswanya relatif lebih royal untuk kesehatan dan lebih sadar.
3.      Pusat keramaian yang mudah dan sering diakses mahasiswa di di kantin STIKES ICSADA.
Sesuai dengan pembahasan yang sudah kami singgung di depan,bahwasannya kami akan membuka cabang outlet ‘’potion of aoevera’’ di tempat pusat keramaian dan tempat yang kami rasa sangat strategis di antaranya di alun –alun bojonegoro, di depan sekolah menengah atas di lingkup KabupatenBojonegoro.Jika produk minuman ini sudah menjadi populer di kalangan masyarakat,kami akan megangkat produk miuman ini ke tempat pemasaran yang lebih berkelas yakni kami akan bekerja sama dengan tempat makan cepat saji dengan cara menawarkan produk minuman ini supaya bisa di jual di tempat tersebut sesai degan kesepakatan yang sudah di sepakati.

E.PELAKSANAAN
Struktur Orgnisasi
Ketua TIM                  : Muhammad Mursid 
NIM                            : 1014033 Prodi.keperawatan
Anggota 1                   : Wahyu hidayat         
NIM                            :1014060 Prodi keperawatan
Anggota 2                   : Rahmanto hariyadi  Nugroho
NIM                            :1014045  Prodi keperawatan
            Dari ketua dan anggota,setiap lapisan mempunyai tugas masing-masing. Ketua tim bertugas sebagai pemimpin dari anggotanya dan sebagai kontroling atas semua kegiatan yang sedng berlangsung atau yang sedanag di rencanakan,untuk anggota 1 bertugas sebagai petugas penanggung jawab dalam mempersiapkan segala sesuatau yang di  butuhkan dalam outlet ‘’potion of aloevera’’ di kampus,dan untuk anggota 2 mempunyai tugas untuk memberikan tester miuman yang di berikan kepada mahasiswa,dan mencari tau rasa yang memang di sukai atau di minati para remaja di kampus.setelah semua persiapan di rasa selesai,dari kedua anggota tersebut meulai un tuk membuka outlet di STIKES ICSADA dan siap untuk melayani pembelian dari teman-teman mahasiswa.
                        Mitra yang akan di libatkan yaitu UKM  ANEKA CAMILAN Jl.Diponegoro Kabupaten Bojonegoro.



F.KEUNGGULAN
a.       Produk minuman ini “potion of aloevera” belum ada sainganya di daerah Bojonoegoro dan kususnya di lingkugan kampus STIKES ICASADA sendiri.
b.      Minuman ini sudah jelas manfaatnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
c.       Penyajian cepat tanpa mengkhawartikan atau meragukan kualitas dari produk ini menjadikan point lebih dalam pelayanan kami kepada konsumen.
d.      Dari segi varian rasa kami memberika pilihan rasa yang sangat menarik.
e.       Kami juga menawarkan servis yang memang beda dan memang satu-satunya yag pernah ada yaitu pelayanan kesehatan secara gratis tanpa di pngut biaya setiap pembelian 3 cup.

G.RANCANGAN BIAYA
*biaya bahan habis pakai/hari
No.
Kebutuhan
Jumlah
Harga
1.
Lidah buaya
10kg
Rp. 50.000,00
2.
Gula pasir
4kg
Rp. 40.000,00
3.
Perisa rasa berbagai rasa
5
Rp. 35.000,00
4.
Susu kental cokelat dan vanila
2kaleng
Rp.  15.000,00
5.
Esbatu

Rp.  10.000,00
6
Gelas plastick
100 buah
Rp 50.000,00
7
Sedotan
Isi 100
Rp. 15.000,00

Total
Jumlah
Rp. 215.000,00

           


*biaya peralatan       
No.
Kebutuhan
Jumlah
Harga
1.
Blender
1 unit
Rp. 350.000,00
2.
Ice box
1 unit
Rp. 150.000,00

Total
Jumlah
Rp. 500.000,00

*biaya promosi
No.
Kebutuhan
Jumlah
Harga
1.
Banner
5 buah
Rp.375 .000,00
2.
Pamflet
100 buah @2000
Rp. 200.000,00

Total
Jumlah
Rp. 575.000,00

*Biaya total
No.
Jenis biaya
Jumlah estimasi
1.
Biaya habis pakai
Rp.  215.000,00
2.
Biaya peralatan
Rp.  500.000,00
3.
Biaya promosi
Rp . 575.000,00

Total
Rp.1.290.000,00

H.RENCANA PEMASARAN
Rencana pemasaran dari produk minuman kami yang bernama “potion of aloevera” akan kami pasarkan di area kampus STIKES ICSADA BOJONEGORO tepatnya di lantai dua kampus,sehingga mahasiswa dari lantai 3 dan 1 bisa membeli minuman dengan mudah tanpa keluar dari area kampus. Untuk planning selajutnya setelah produk kami berhasil laku di area kampus kami akan membuka outlet minuman ini di area keramaian masyarakat bojonegoro seperti alunalun kota dan pinggiran sekolah menengah atas.
Terkait dengan keterserapan produk minuman yang kami jual kepada konsumen,kami yakin dan pasti bahwa konsume terutama mahasiswa dan mahasiswi akan menyambut positif dengan di bukaya outlet minuman yang berbahan dasar lidah buaya ini.untuk jumlahnya kami targetkan 100 cup/hari dalam sekali produksi.
Resiko selalu menjadi tantangan agar kita bisa memberanikan diri dalam segala hal apapun,begitu pula dengan resiko dari menjual produk minuman aloevera ini,yakni menjamurnya minuman bermerek di kawasan kampus dengan berbaga macam merek dan jenis. Untuk hal persaingan kami bisa bilang jika persaingan dalam hal berdagang pstilah ada,tapi kami menjual produk yang beda dan memang tidak ada yang menjual minuman spesimen seperti ini di area kampus.daya tahan produk minuman aloevera ini sangatlah sebentar,hanya 1 hari setelah proses pemasakan,jadi kami menerapkan bahan selalu fresh dan pasti aman karena tanpa bahan pengawet. 
Sasaran pemasaran dari produk kami yankni para mahasiswa dan mahasiswi di STIKES ICSADA BOJONEGOROdan untuk planningnya kami akan pasrkan ke masyarakat.Untuk strateg pemasarannya produk ini sangat cocok di minum di saat santai bersama teman,sambil ngerjakan tugas,dan sebagai pereda panas dalam.Harga yang kami tawarkan percupnya Rp.3000,00. Agar produk kami ini bisa cepat langsung di respon para onsumen, kami melakukan promosi secara langsung di setiap kelas dan mading,kami akan menempelkan poster,banner,atau lewat FB,twitter dan berbagai media on line lainnya.
Proyeksi rugi/laba dalam satu kali produksi
Pendapatan
Total (Rp.)
1.
Total penjualan
300.000,00

Total pendapatan
300.000,00
Biaya produksi
Total
1.
Biaya variabel


Biaya habis pakai
215.000,00
Laba
85.000,00




Proyeksi break even point (BEP)
Uraian
Total (Rp.)
Penjualan
1.
100 cup @Rp.3000,00
24.000.000,00
Total penjualan
24.000.000,00
Biaya variabel
1.
Biaya habis pakai
215.000,00

Biaya peralatan
500.000,00

Biaya promosi
575.000,00

BEP
5.058.000,00

4.      JADWAL PELAKSANAAN
1
PELAKSANAAN

A
Mengumpulkan bahan





















B
Melalukan proses produksi





















C
Pengujian tester pada mahasiswa





















D
Persiapan tempat lokasi





















F
Produksi dalam jumlah banyak/massal





















G
Promosi produk





















H
Penjualan produk





















5.      5.INDIKATOR KEBERHASILAN
-Mampu menjual minuman produk potion of aloevera dalam 5 bulan sebanyak 8000 cup dengan lama penjualan dalam 1 minggu 4 hari yakni hari senin, selas, rabu, kamis.


6.      SUMBER DAYA YANG DI BUTUHKAN
  -Dalam kegiatan penjualan produk minuman ini yakni yang bernama potion of aloevera kami menggunakan bahan yang memang di budidayakan oleh masyarakat sekitar,sehingga tanaman aloevera bisa bernilai ekonomis.

7.      KEBERLANJUTAN
-          Untuk keberlanjutan usaha outlet potion of aloevera, kami akan membuka outlet di tempat keramaian masyarakat setelah outlet di kampus berhasil. Selain itu kami akan mendistribusikan ke Pusat Perbelanjaan yang ada dilingkup Kabupaten Bojonegoro ataupun diluar Kabupaten Bojonegoro.

8.      PENANGGUNG JAWAB KEGIATAN
Penanggung jawab kegiatan ini adalah KETUA STIKES ICSADA BOJONEGORO.